Thursday, October 4, 2012

Trimester Pertama

Masuk trimester pertama kehamilan adalah saat dimana ibu hamil mulai merasakan morning sick, mual-mual, ga enak makan, sensitif terhadap bau-bau yang menyengat..

Dimasa ini adalah waktu yang bener-bener sangat membutuhkan perhatian dari suami. Alhamdulillah suamiku sabar banget ngeladenin aku mau makan apa.. Apalagi pas muntah-muntah, peran suami bener-bener dibutuhkan.
Makasih sayang udah sabar menghadapi bumil ini. :) *tight hug

Yang aku rasakan di trimester pertama kehamilan :
1. Sensitif ama bau makanan yang menyengat
Makanan yang berbau tajam udah pasti aku ga akan makan.  Sebenernya pengen banget makan ini itu tapi apa daya, begitu mencium baunya saja langsung mual.
Alhasil selama hampir satu bulan aku hanya bisa makan roti, biskuit, buah, koko crunch, dan minum susu. Ga apalah yang penting masih ada nutrisi buah dan susu yang aku perbanyak.
Kalaupun makan lauk, aku memilih yang baunya netral, seperti abon, dendeng, sayur bening, empal, ayam goreng.. Tapi makannya dalam keadaan udah dingin, supaya bau bumbunya hilang. :D
oiya... sama ga tahan ama bau bawang.. jadi otomatis ga pernah nyentuh dapur alias ga pernah masak. hehe...

2. Mual di pagi sampai sore hari
Kalo aku merasa mual, udah pasti aku tahan jangan sampai muntah.. ga tau kenapa dari dulu aku takut banget kalau muntah (efek wkt kecil kalau sakit sering muntah x yaa..).
Jadi aku sugesti diriku supaya ga muntah.. dengan menarik nafas dalam-dalam sambil menenangkan pikiran dan meyakinkan diri tidak muntah.
Tapi kalo cara itu tidak berhasil ya terpaksa harus muntah... hehe..
Sedih tiap kali muntah, artinya makanan untuk baby kita jd kebuang. :'(

3. Berasa mau muntah tiap selesai sikat gigi
Sering banget tiap kali selesai sikat gigi rasanya mau muntah... dan ga akan pernah bisa aku menahannya.
Jadi tiap kali mau sikat gigi pagi, ga pernah ada makanan yang ak makan, sekalipun susu dan air putih ga aku minum.
Kalau udah selesai sikat gigi barulah asupan makanan dimulai. :)

4. Mood tidak menentu
Mood ini susah-susah gampang ngendaliinnya... dan bisa berbeda di tiap wanita.
Kalau aku bawaannya males ngapa-ngapain, trus jadi suka manjaa banget ama suami.. xoxo...

Menikmati trimester pertama kehamilan yang menyenangkan :)

No comments:

Post a Comment